Sunday, 5 October 2014

Anak Perempuan Tidak Perlu Sekolah Tinggi! (Mitos)


“Perempuan gak harus sekolah tinggi-tinggi, nanti juga ikut suaminya dan menjadi Ibu rumah tangga,” mungkin sebagian dari kalian pernah mendengar statemen orang seperti itu. Ada yang setuju ada yang tidak, sudah menjadi terlihat biasa.

Kalau aku sih “No" dengan statement itu. Bukankah seorang perempuan akan menjadi seorang istri dari suami mereka dan melahirkan anak-anak yang hebat dan cerdas. Mengajari mereka dari kecil hingga dewasa dan menempuh pendidikan yang tinggi juga lalu menjadi seorang begitu sukses, kan?

Sungguh, perempuan perlu juga, bahkan harus menempuh pendidikan tinggi dan ilmu yang lebih karena dia yang merawat anak-anak kita nanti. Aku bukan mau bicara derajat wanita dan laki-laki sama.

Pendidikan di sekolah sajalah pasti tidak cukup untuk mendidik anak menjadi pribadi yang baik dan cerdas, ada peran orang tua juga yang sangat penting. Yang paling berperan penting pastilah Ibu karena paling banyak waktu di rumah dari pada Bapak yang bekerja walaupun pulang pastilah sudah lelah.

Tapi sayangnya kesadaran pendidikan di negeri ini sangatlah minim apalagi yang ekonomi menengah kebawah, memilih menihkahkan anak perempuannya.

Mau bagaimana lagi kita juga tak bisa memaksakan kehendak pribadi untuk setiap orang harus sekolah tinggi, karena kenyataan setiap kemampuan orang itu berbeda. Entah itu berbeda dalam ekonomi, pemikiran, dan kehidupan.

Masih mau bilang kalau perempuan itu gak usah sekolah tinggi-tinggi? Apa tidak senang jika kelak memiliki istri yang pintar juga…. bukan berarti yang tidak sekolah tinggi gak pintar.

Memang laki-laki dan perempuan berbeda derajatnya tapi untuk pendidikan sangatlah sama. Bukankah menuntut ilmu itu sangatlah dianjurkan.

Mungkin kita bisa memulai dengan sekolahkan anak sendiri kelak ketika dewasa, entah itu perempuan atau laki-laki di sekolah yang terbaik. Agar semua penerus-penerus bangsa ini bisa menjadi orang-orang yang cerdas untuk menjadikan Negara ini menjadi lebih baik.

Sekarang sebenarnya biaya bukanlah menjadi suatu beban yang berat jika mau berusaha, nyatanya banyak sekali beasiswa yang ada setiap-setiap sekolah berikan dan pemerintah.

Apalagi sekarang jaman internet tinggal cari di google sudah banyak bermunculan… tetaplah semangat.

M Dirga P Putra

0 komentar:

Post a Comment

About