Saturday, 25 October 2014

Mengenal Seni Asli Indonesia WPAP (Wedha Pop Art portrait)

WPAP Ida Kadek Devi artis Indonesia
Mungkin ada yang masih asing dengan gambar seperti ini, namanya adalah WPAP (Wedha’s Pop Art Portrait) sebuah seni yang asli berasal dari Indonesia yang pada awalnya memiliki nama FMB (Foto Marak Berkotak). Yang diperkenalkan oleh Pak Wedha Abdul Rasyid.

Ciri khas dari WPAP adalah dari warnanya yang “ngePop” dan tidak boleh garis melengkung sekaligus warna gradasi atau skintone.

Pertama kali aku mengenal WPAP sekitar awalan tahun 2014, ketika itu melihat temanku sedang otak-atik gambar dengan progam photoshop,foto yang awalnya seperti biasa, bisa dirubah menjadi lebih berwarna dan beda, sejak itulah aku mengenal WPAP.

Setelah itu aku mencari informasi, ternyata WPAP seni asli Indonesia yang membuatku semakin tertarik untuk mempelajarinya. Bermodalkan Laptop teman akupun semalaman membuat satu WPAP yang hasil akhirnya masih belum memuaskan seperti yang lain.
Ini hasil pertamaku tapi bukan skintone pertama:
WPAP seni asli indonesia, digital art






















Buat skintone pertamaku tidak usah aku uploud, enggak enak sama seseorang hehehe aku kasih contoh saja seperti apa skintone itu, bisa dibilang setengah jadi dari WPAP.
wpap seni asli indonesia

Akupun ikut komunitas WPAP Jogja, diiajak oleh salah satu teman yang mangajari aku sejak awal membuat.
WPAP Chapter Jogja, seni asli Indonesia
WPAP Chapter Jogja di Amikom, seminar


WPAP dapat dibuat tidak hanya menggunakan photoshop, corel, atau AI. Selalu ada pertanyaan dari aplikasi itu yang paling nyaman membuat gambar yang mana? Pertanyaan itu seperti kalian ditanya telur sama ayam duluan mana....

Sebenarnya itu semua dari kebiasaan saja dan sering berlatih menggunakan apa.  Pernah dengar ada yang membuat dengan MS. Word karena dia bisanya menggunakan itu. Padahal kalau dipikir MS. Word progam pengolah kata dan isinyapun tidak mendukung untuk desain grafis, tapi kenyataanya bisa juga...

Jadi, tidak alasan untuk menyerah sebelum mencoba, toh tutorial juga banyak di internet, di facebook juga ada grup yang bernama “BELAJAR WPAP YUK” di sana kalian bisa upload karya kalian dan meminta kritik sarannya.

Jangan cepat menyerah jika dikritik apalagi masih karya pertama, maklumlah jika masih pertama ada yang salah-salah tidak mungkin langsung sempurna.
Mari berkarya dan nikmati setiap proses yang ada maka kamu akan lebih menghargai hasil yang telah kamu buat.
Mungkin Jepang memiliki manga, kalau Indonesia punya WPAP hehehe. :D
Ini nih beberapa buatanku dalam berproses masih berantakan juga sih

WPAP Inta Destria, seni asli indonesia
WPAP Emma Waton seni asli Indonesia

M Dirga P Putra

0 komentar:

Post a Comment

About